Thursday, January 17, 2013

Kisah Menarik tentang Al Qur'an



Mungkin ada di antara kita yang tidak percaya bahwa alqur'an menjelaskan semua yang permasalahan yang ada. dari mulai cara membuat sesuatu dengan benar dan yang lainnya. nah, pada posting kali ini kita ingin mengajak kalian semua untuk menyimak kisah yang berkaitan tentang keajaiban yang terdapat dalam Al-qur'an. berikut kisah nya:

Sheikh muhammad rasyid ridho pernah ditanya oleh seseorang, "wahai sheikh, engkau mengatakan bahwa alqur'an merupakan tibyaanan likulli syaï' wa tafshila kulli syaï' (penjelasan dalam hal apa saja) maka apakah di alqur'an di jelaskan tentang tata cara membuat roti? " begitulah apa yang dikatakan oleh seseorang tersebut kepada sheikh muhammad rasyid ridho. Maka sheikh muhammad rasyid ridho pun menjawab, "ya, ada". (Mungkin ada dari kita yang bertanya tanya, "apa emang ada?, ah, yang bener aja masa di alqur'an di jelaskan tentang bagaimana membuat roti?" sst... Diam dulu, jangan coba-coba membantahnya, al-'ïlmu qoblal qouli wal 'amal)

Lalu dipanggillah pembuat roti dan dikatakan padanya,
"mohon jelaskan padanya cara membuat roti !"
lalu dijelaskanlah pada orang tersebut tentang tata cara membuat roti. Setelah selesai dari penjelasannya, sheikh pun mengatakan,
"itulah tata cara membuat roti !"
maka orang tersebut kebingungan dan bertanya lagi,
"ya sheikh, mana penjelasan dari alqur'an nya?"
lalu sheikh muhammad rashid ridho pun menimpalinya, dan ia berkata,
"itulah jawabannya, jika engkau tidak mengetahui, maka tanyalah pada ahlinya", seperti yang difirmankan oleh Allah,

"fas aluu ahla ddzikri in kuntum la ta'lamun".

Tanyalah orang yang ahli dalam suatu hal jika engkau tak memahami akan hal tersebut !!" Tak mungkin engkau menanyakan masalah otomotif dan elektronik ke tukang sapu atau tukang jual getuk --misal-- jika emang mereka ahli dalam masalah tersebut, maka tanyakanlah ! Sekalipun ia seorang babu atau pemulung. Namun jika ia tak ahli dalam masalah tersebut, maka tak selayaknya ia bertanya hal tersebut kepadanya.

Nah, dari penjelasan ini ada satu poin penting yang harus kita perhatikan ayyuhal ikhwah, bahwasanya alqur'an bukanlah ensiklopedia yang menjelaskan seluruh ilmu dan hukum alam yang ada didunia ini. Karena jika al-qur'an menerangkan itû semua, maka tidaklah cukup. Karena ilmu di dunia ini sangatlah luas ayyuhal ikhwah, namun alquran hanya menjelaskan qoidah atau qowa'id-qowa'id yang sangat simpel namun bermakna padat. Sehingga kita tidak kesusahan dalam menghafalnya dan menelaah ilmu yang ada di dalamnya.


No comments:

Post a Comment